7 Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Handphone Untuk Tahun 2020

Gadgetren

Aplikasi Pengeditan Video yang Direkomendasikan pada HP Headers

Gadgetren – Selain digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, ponsel zaman sekarang sudah memiliki fitur yang mampu merekam video dengan hasil yang bagus dengan resolusi tinggi dan stabil.

Bahkan proses editing video yang sudah direkam tidak perlu dilakukan di komputer, melainkan langsung di ponselnya sendiri. Sudah banyak tersedia aplikasi edit video dengan fitur lengkap di ponsel yang memudahkan Anda menghasilkan video berkualitas.

Apalagi proses edit video yang dilakukan pada aplikasi di ponsel hanya dengan sentuhan jari, dimulai dari proses pemilihan video yang sudah direkam, menambahkan teks, filter, efek transisi, musik, memotong bagian-bagian yang tidak perlu pada video, untuk mengekspornya menjadi video lengkap.

Dengan kemudahan yang ditawarkannya, beberapa orang memilih untuk langsung mengedit video di ponselnya.

Jadi ada apa? Berikut adalah aplikasi edit video di hp yang patut kamu coba.

7 Aplikasi Pengeditan Video yang Direkomendasikan pada HP

1. PowerDirector

PowerDirector Oke

Aplikasi editor video besutan Cyberlink ini bisa dikatakan memiliki fitur yang lengkap untuk menghasilkan video dengan kualitas yang baik. Di halaman awal, Anda akan diminta untuk membuat proyek video dengan posisi potret atau lanskap menggunakan rasio aspek 9:16 atau 16: 9.

Setelah project dibuat, Anda akan dihadapkan pada halaman edit video yang lengkap karena terdapat timeline video dan audio, menu untuk memasukkan video atau audio, menambahkan teks, efek, variasi transisi, stiker, dan merekam suara Anda sendiri menjadi digunakan sebagai audio.

Di garis waktu halaman pengeditan video, Anda juga dapat menumpuk video atau audio berkat adanya sistem lapisan di PowerDirector. Selain itu, volume video atau audio pada setiap layer bisa diatur secara terpisah sehingga Anda bisa menentukan narasi suara, lagu, atau video mana yang ingin Anda dengar lebih banyak.

Untuk versi gratisnya, PowerDirector akan memberikan watermark pada video yang telah dibuat. Sedangkan jika Anda berlangganan versi Premium, tanda air akan hilang.

Untuk kamu yang ingin berlangganan versi Premium harus merogoh kocek sebesar Rp 74.000 perbulan atau pertahun Rp 149.000. Versi premium PowerDirector juga memungkinkan Anda mengekspor atau membuat video beresolusi Full HD (1080p) dan Ultra HD (4K).

Sementara itu, Anda hanya dapat mengekspor video hingga resolusi HD (720p) jika menggunakan aplikasi versi gratis. Meski begitu, PowerDirector versi gratis sudah menghadirkan berbagai fitur untuk membuat Anda menghasilkan video yang menarik.

Anda bisa mendownload aplikasinya di Google Play Store untuk ponsel berbasis Android dan di Apple App Store untuk perangkat iOS.

2. KineMaster

KineMaster

Selain PowerDirector, KineMaster adalah aplikasi pengeditan video berfitur lengkap di ponsel. Bahkan di halaman awal, Anda akan diminta untuk membantu video dengan berbagai pilihan aspek rasio mulai dari 16: 9, 9:16, 1: 1, 4: 5, 4: 3, 3: 4, hingga 2.35: 1 menurut tren saat ini. ini.

Di versi gratisnya, Anda bisa membuat video dengan resolusi maksimal Full HD (1080p) dan frame rate 30fps. Selain itu, video yang Anda buat menggunakan versi KineMaster ini akan memiliki watermark.

Menurut saya, fitur-fitur yang dibawa oleh KineMaster sangat menarik dimana Anda akan melihat timeline video dan audio dengan sistem layar, menu untuk memberi efek, berbagai transisi, merekam suara, menginput audio dan video, dan masih banyak lagi.

Bahkan, bisa dibilang KineMaster memiliki tool yang lebih lengkap dari PowerDirector. Apalagi ada fitur Chroma Key yang bisa mengubah background video saat menggunakan layar hijau atau background polos untuk merekam.

Jika Anda ingin menghapus watermark pada video yang telah dibuat, maka Anda bisa berlangganan KineMaster Premium dengan sistem bulanan seharga Rp 53.000 atau pertahun seharga Rp 329.000. Untuk kamu yang ingin mencobanya bisa mendownloadnya dari Google Play Store dan Apple App Store.

3. InShot

InShot Ok

Selain video, InShot juga dapat digunakan untuk mengedit foto dan membuat gambar kolase. Bisa dibilang fitur edit video pada aplikasi ini semakin menarik dengan hadirnya menu yang meliputi musik, stiker, teks, filter, audio, video, dan masih banyak lagi.

Baca:  Samsung W21 5G Sepertinya Bersiap Untuk Diluncurkan Setelah Mengantongi Sertifikasi TENAA dan 3C

Namun, garis waktu video tidak menggunakan sistem lapisan sehingga Anda tidak dapat menyusun audio dan video. Pada versi gratisnya, video yang telah kamu buat akan memiliki watermark dengan logo InShot.

Untuk menghapus iklan di aplikasi dan watermark pada video yang telah dibuat, Anda bisa berlangganan Rp 41.000 untuk satu bulan, Rp 139.000 untuk satu tahun, atau Rp 409.000 untuk selamanya. Menariknya, jika Anda hanya ingin menghapus watermark tersebut, maka Anda bisa menyaksikan iklan-iklan yang diminta oleh aplikasi InShot tersebut.

Jika Anda memilih untuk menghilangkan watermark dengan cara menonton iklan, maka Anda harus melakukannya terus menerus setiap kali Anda membuat video. Untuk bisa menikmati fitur-fitur yang ditawarkan InShot, Anda bisa mendownload aplikasinya di Google Play Store dan Apple App Store.

4. VivaVideo

VivoVideo Ok

VivaVideo adalah aplikasi editor video yang populer digunakan di ponsel. Meski fiturnya cukup lengkap, pengguna awam sekalipun bisa mengedit video di aplikasi ini dengan mudah.

Garis waktu pada VivaVideo tidak menggunakan sistem lapisan sehingga Anda tidak dapat menyusun audio atau video. Untuk itu, Anda harus bisa mengatur dan menyusun video di timeline dengan baik.

VivaVideo juga menyediakan berbagai menu untuk menambahkan teks, filter, transisi, musik, kecepatan, tema, mundur, dan banyak lagi. Jika Anda ingin menghapus tanda air pada video yang telah diekspor dari VivaVideo, Anda dapat berlangganan ke akun VIP.

Anda dapat mengunduh versi gratis VivaVideo di Google Play Store dan Apple App Store.

5. FilmoraGo

Filmora Go Ok

Aplikasi besutan Wondershare ini memiliki timeline yang sangat sederhana dan tidak memiliki layer sehingga aktivitas edit video cukup terbatas. Namun aplikasi ini menawarkan berbagai fitur seperti menambahkan teks, efek, dan kecepatan.

Selain bisa diedit secara manual, Anda juga bisa membuat video dengan efek, teks, dan filter secara otomatis di FilmoraGo. Dengan hadirnya fitur otomatis ini, Anda bisa membuat video menarik dengan cepat.

Untuk menghilangkan watermark dan logo roll pada video yang telah dibuat, kamu harus beralih ke FilmoraGo Pro dengan membayar Rp69.000. Untuk kamu yang ingin mendapatkan FilmoraGo bisa mendownloadnya di Google Play Store dan Apple App Store.

6. Quik

Quik Ok

Aplikasi editor video buatan GoPro ini memudahkan untuk mengedit video. Bahkan di halaman awal, Anda akan diajak untuk membuat video dengan musik, efek, transisi, tulisan, dan intro secara otomatis.

Anda hanya perlu mengumpulkan sedikit video dan foto untuk membuat video yang menarik. Tapi jika kurang suka dengan fitur otomatisnya, maka kamu bisa mengeditnya di timeline yang disediakan melalui menu cut, set speed, slow motion, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Anda juga bisa mengekspor video hingga resolusi HD (720p) atau Full HD (1080p). Untuk kamu yang ingin mencoba Quik bisa mendownloadnya dari Google Play Store dan Apple App Store.

7. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush Ok

Bisa dibilang ini adalah aplikasi editor video yang memiliki fitur lengkap. Pada main timeline, Anda bisa menumpuk video dan audio dengan layer sehingga Anda bisa menghasilkan video disertai berbagai suara yang menarik.

Anda juga dapat menikmati berbagai fitur unggulan mulai dari grafik gerak yang disesuaikan, koreksi warna, pengeditan, efek, filter, pengeditan video dan audio, dan banyak lagi. Adobe Premiere Rush juga memungkinkan Anda membuat video dengan berbagai aspek rasio mulai dari portrait, landscape, hingga square.

Menariknya, project video yang Anda buat di aplikasi ini bisa disimpan dan disinkronkan ke dalam Adobe Cloud sehingga bisa diedit di ponsel atau tablet lain. Namun perlu dicatat bahwa Adobe Premiere Rush hanya tersedia di beberapa ponsel Android dan iPhone.

Untuk mencobanya, Anda bisa mendownload Adobe Premiere Rush di Google Play Store dan Apple App Store.

Baca lebih lanjut tentang gadget di gadgetren.com

Postingan 7 Aplikasi Edit Video di Ponsel Tahun 2020 pertama kali muncul di Gadgetren.