Apple AirTag, Perangkat Mungil Pelacak Benda Penting Harga Rp400 Ribuan

ASUS TUF Dash F15 (FX516): Laptop All-Rounder untuk Belajar, Bermain, dan Berkarya
Apple Airtag

SHarapannya ada perangkat yang sudah diprediksikan akan dirilis oleh Apple, pada puncaknya tahun lalu, namun hingga saat ini belum diperkenalkan secara resmi. Pernahkah Anda mendengar rumor tentang perangkat bernama AirTag? Bersama dengan iPad Pro dan iMac baru, perangkat pelacak ini akhirnya diluncurkan.

Perangkat ini hadir sebagai opsi tambahan dari banyak perangkat pelacak yang tersedia di pasaran, dengan Samsung juga mengikuti rilis SmartTag pada peluncuran seri Galaxy S21 awal tahun lalu. Alat yang sangat cocok untuk teman Gizmo yang selalu lupa meletakkan barang.

Fungsi dasar Apple AirTag adalah sebagai alat pelacak. Dipasangkan dengan aplikasi Find My di smartphone Apple, kamu bisa memasangkan perangkat mungil ini dengan berbagai benda atau benda penting yang mudah hilang, seperti dompet atau lainnya. Didesain kompak agar tidak terlalu memberatkan saat dibawa kemana-mana.

Kaiann Drance, VP of Worldwide iPhone Product Marketing, Apple mengatakan bahwa jika mereka sangat senang dapat memberikan kemampuan baru kepada pengguna iPhone dengan pengenalan AirTag, gunakan jaringan Find My untuk membantu pengguna melacak dan menemukan item penting dalam hidup mereka. . Iya, perangkat ini memanfaatkan teknologi chip U1 yang ada di beberapa seri iPhone terbaru.

Baca juga: iMac M1 Diperkenalkan, Tampil Lebih Tipis dengan 7 Pilihan Warna

AirTag U1 Cip Mampu Memberikan Panduan Pencarian Komprehensif

Apple AirTag

Ya, setiap unit AirTag dilengkapi dengan chip U1, seperti yang ada di seri iPhone 11 dan 12. Bisa dibilang, seperti sensor GPS tapi lebih canggih. Untuk berkomunikasi antar perangkat, U1 dengan teknologi Pencarian Presisi menggabungkan input dari kamera, ARkit, akselerometer, dan giroskop, menavigasi pengguna secara detail ke lokasi item yang hilang.

Tidak hanya seperti tracker biasa, tampilan dibuat sangat intuitif dengan detail jarak, arah panah, suara, getaran hingga visual yang berubah saat kita mendekat atau menjauh. Jaringan di aplikasi Find My akan mencoba mendeteksi semua perangkat Apple dan sinyal Bluetooth dari AirTag yang tidak memiliki status, semuanya secara pribadi dan anonim.

Baca:  Apple Disebut Siapkan iPhone 12 Mini

Apple AirTag

Mengutamakan privasi, perangkat ini akan terus mengingatkan Anda untuk tidak menggunakannya sebagai alat pelacak yang tidak sesuai, seperti pelacakan manusia misalnya. Saat AirTag yang tidak dikenal ada di sekitar, pengguna iPhone akan menerima pemberitahuan melalui Find My, dan bahkan memiliki kontrol untuk mematikan perangkat yang tidak dikenal tersebut.

Setiap unit didesain kompak, berbahan stainless poles, dan bersertifikat IP67 alias tahan air dan debu. Bagian dalamnya juga dilengkapi dengan speaker untuk membantu mencari barang, serta cover yang bisa dilepas untuk menggantikan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga satu tahun pemakaian. Sama seperti dengan AirPods, cukup dekatkan perangkat ke iPhone Anda untuk proses pemasangan otomatis.

Apple AirTag Dijual dalam Satuan dan Bundel

Apple AirTag

Saat memesan dari situs resmi Apple, pengguna dapat menyesuaikan secara gratis dengan menyediakan teks atau 31 emoji untuk dipilih. Selain bisa dimasukkan ke dalam tas, juga bisa dipasang pada kunci sehingga bisa diikat dengan aksesoris seperti Leather Loop atau Leather Key Ring. Apple bahkan telah bekerja sama dengan Hermes untuk membuat aksesori kemasan agar terlihat lebih gaya.

Apple AirTag akan tersedia pada 23 April 2021. Karena dimensinya yang kecil dan peran pentingnya dalam kehidupan sehari-hari, Apple memberikan dua pilihan pembelian yang menarik. Untuk tiap unitnya dijual dengan harga USD29 atau sekitar Rp 400 ribu.

Namun, bagi konsumen yang ingin membeli dalam jumlah yang lebih banyak, tersedia pilihan empat unit langsung dengan harga USD99 atau hanya Rp 1,4 juta. Sedangkan aksesoris lainnya seperti Leather Key Ring mulai Rp 400 ribu. Penjualan untuk negara yang lebih luas akan dimulai 30 April.