Bingung Bagaimana Cara Membuka File ISO? Gunakan Cara Ini!

Gadgetren

Cara Membuka File ISO

Gadget – File ISO atau juga dikenal sebagai gambar ISO adalah file yang berisi salinan data yang sama yang disimpan pada disk optik seperti DVD, CD, atau Blu-ray.

Namanya berasal dari nama sistem file yang digunakan pada media optik yaitu ISO 9660. Agar dapat menggunakan kembali data pada CD atau DVD tanpa harus menggunakan drive optik, terlebih dahulu Anda harus mengetahui cara membuka file ISO.

Cara paling umum untuk membuka file ISO adalah dengan menggunakan perangkat lunak seperti Roxio's Easy CD Creator, CDBurn, atau Nero Burning ROM sebagai beberapa contohnya. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara untuk membuka file ISO tanpa software khusus ini?

ISO pada dasarnya memiliki konsep yang mirip dengan file RAR dan ZIP. Ekstensi adalah kumpulan file yang ditempatkan di satu tempat sebelum akhirnya disatukan kembali sebelum digunakan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan WinRAR untuk membukanya. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya sebagai berikut!

Cara Membuka File ISO

1. Siapkan File ISO yang Ingin Dibuka

Sebelum melanjutkan ke langkah pertama, pastikan komputer yang akan Anda gunakan sudah terinstal aplikasi WinRAR. Setelah itu siapkan file ISO yang ingin dibuka yang biasanya berasal dari CD atau DVD Windows, foto, game dan lain sebagainya.

2. Buka Atur

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka menata mereka. Jalannya terbuka Windows Explorer, klik Mengatur lalu pilih Folder dan Opsi Pencarian.

3. Tampilkan Ekstensi ISO

Saat jendela baru terbuka, pilih Lihat tab lalu hapus centang opsi Sembunyikan Ekstensi untuk Jenis File Tidak Tahu lalu tekan baik. Langkah ini dilakukan agar Anda dapat dengan mudah mengubah ekstensi file yang ada di belakang nama file.

Baca:  Resmi Masuk Indonesia, Ini Dia Harga Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z

4. Ubah nama (Rename) File ISO

Selanjutnya, cari file ISO yang ingin Anda buka. Karena memiliki konsep yang mirip dengan RAR dan ZIP, Anda cukup mengubah bagian ekstensi file dari .iso ke .rar dan klik IYA ketika pemberitahuan konfirmasi muncul.

5. Ekstrak file

Ketika ekstensinya diubah, file yang berformat .iso dapat dibuka dengan WinRAR. Untuk membukanya, Anda hanya perlu melakukan ekstraksi seperti biasa dengan cara klik kanan file yang dimaksud kemudian pilih Ekstrak di sini. Di folder baru sesuai dengan nama file ISO, semua isinya akan muncul.

Begitulah step by step cara membuka file ISO. Selain menggunakan aplikasi atau software RAR, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mengekstrak file ZIP yang sudah bisa dibuka Windows 10.

Selain bisa dilakukan dengan cepat, cara tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan komputer dengan berbagai sistem operasi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh dan menginstalnya di laptop atau PC Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca lebih lanjut tentang gadget di gadgetren.com

Postingan Bingung Bagaimana Cara Membuka File ISO? Gunakan Cara Ini! pertama kali muncul di Gadgetren.