Biznet Bangun Pusat Data Ketiga di Indonesia

Biznet Bangun Pusat Data Ketiga di Indonesia

Jakarta, Selular.ID – Tanpa disadari, hanya dalam satu tahun memerangi pandemi, kebutuhan akan transformasi digital semakin meningkat secara signifikan seiring dengan meningkatnya permintaan akan layanan internet, konten digital, e-commerce, dan berbagai layanan digital. Menanggapi situasi tersebut, PT Biznet Gio Nusantara atau yang lebih dikenal dengan Biznet Gio, anak perusahaan Biznet yang fokus pada layanan Cloud Computing dan Data Center, pada kuartal pertama tahun 2021 sedang mengembangkan sumber daya komputasi awan. di ketiga pusat data untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang membutuhkan fitur ketersediaan tinggi serta penyimpanan data di lebih dari satu pusat data.

CEO Biznet Gio, Dondy Bappedyanto mengatakan, “Pembangunan ketiga data center yang berada di Provinsi Banten ini merupakan wujud komitmen kami untuk menjadi pemain cloud computing lokal yang dapat bersaing dengan pemain asing yang mulai berdatangan ke Indonesia, dengan terus melanjutkan. menyediakan layanan dan fitur yang sesuai dengan standar industri. Upaya ini juga sebagai pendukung percepatan transformasi digital ke pelosok Indonesia.Kehadiran data center ketiga ini juga menjadi kunci penting untuk meningkatkan kapasitas layanan keduanya. pusat data Biznet Gio sebelumnya di Jakarta (MidPlaza) dan Jawa Barat (Technovillage, Cimanggis). "

Selain sebagai penyedia layanan cloud computing lokal pertama yang memiliki pusat data di 3 lokasi berbeda, keunggulan lain yang dihadirkan Biznet Gio adalah konektivitas antar pusat data melalui jaringan tertutup (private network) sebesar 10 Gbps tanpa melalui jaringan internet yaitu disediakan tanpa biaya tambahan. atau pemasangan tambahan untuk pelanggan yang menggunakan. Dari segi lokasi, karena terletak di 3 provinsi yang berbeda, pelanggan dapat membuat lingkungan produksi di satu data center dan lingkungan backup atau Disaster Recovery Site di data center lain dari layanan Biznet Gio.

Dari segi keamanan, Biznet Gio juga telah memperoleh sertifikasi SOC Type II pada awal Maret 2021 melalui proses tahapan audit dari AICPA Institute (American Institute of Certified Public Accountants) yang menyatakan bahwa Biznet Gio telah menerapkan aspek kategori layanan trust untuk privasi pelanggan. dan keamanan di layanan komputasi awan yang ditawarkan. Sertifikasi ini melengkapi sertifikasi ISO 27001 dan PCI-DSS yang sebelumnya dimiliki Biznet Gio, menjadikan Biznet Gio sebagai penyedia layanan cloud computing lokal pertama yang memiliki 3 sertifikasi keamanan sekaligus.

Baca:  Piql Tawarkan Penyimpanan Data di Antartika, Aman Hingga Generasi Masa Depan

Memahami pentingnya transformasi digital khususnya bagi UMKM khususnya di era pandemi seperti sekarang, Biznet Gio juga telah meluncurkan layanan NEO WEB sebagai platform infrastruktur website terjangkau yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan layanannya, serta dapat juga digunakan oleh individu. yang ingin tampil di Internet. Sejak diluncurkan pada Februari 2021, terdapat lebih dari 20.000 pelanggan baru yang telah menggunakan berbagai layanan NEO WEB yang terdiri dari NEO Web Hosting, NEO Dedicated Hosting, NEO Domain, NEO DNS hingga NEO Web Space, yang merupakan layanan pembuatan web independen. dengan model grafis. Antarmuka Pengguna dan Seret & Jatuhkan.

Harga NEO WEB mulai dari Rp 10.000 / tahun untuk layanan Domain NEO dan Rp 20.000 / bulan untuk layanan NEO Web Hosting. Meski terjangkau, dengan layanan NEO Web Hosting, pelanggan sudah mendapatkan nama domain, space yang besar untuk menempatkan website, hingga sertifikat Secure Socket Layer (SSL). Untuk kebutuhan yang lebih besar, pelanggan dapat melakukan upgrade ke layanan NEO Dedicated Hosting atau layanan Cloud Server Biznet Gio melalui merek NEO.

“Kami ingin menghadirkan infrastruktur yang terintegrasi untuk UMKM dengan rangkaian layanan yang lengkap dalam suatu ekosistem. Tentunya selain kinerja dan kecepatan, pelanggan perlu merasa aman dalam menempatkan datanya di Biznet Gio. Semua data disimpan di dalam negeri dan dikelola dengan standar manajemen keamanan terlengkap, "kata Dondy.

Sebagai salah satu penyedia layanan cloud computing lokal terbesar di Indonesia, Biznet Gio akan terus menciptakan berbagai inovasi layanan cloud computing, terutama dalam hal pemerataan akses konten digital. Bersama grup Biznet lainnya, Biznet Gio saat ini sedang mengembangkan Edge Computing di beberapa kota di Indonesia yang proses pengembangannya diharapkan selesai pada akhir tahun 2021.

“Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akses konten digital yang terjadi di seluruh wilayah di Indonesia, kami ingin mendekatkan konten tersebut kepada pengguna dengan layanan Edge Computing yang saat ini sedang kami kembangkan. Diharapkan pengguna internet regional akan merasakan akses yang sama dengan pengguna. di Jakarta, "pungkas Dondy.

Postingan Biznet Building a Data Center Ketiga di Indonesia muncul pertama kali di Selular.ID.