Blibli Travel & UMKM Fest, Program Wisata Aman dengan Teknologi di Masa Pandemi

Blibli Travel & UMKM Fest, Program Wisata Aman dengan Teknologi di Masa Pandemi

Blibli meluncurkan program Blibli Travel & UMKM Fest untuk mendukung kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air yang sempat melemah akibat pandemi. Program ini merupakan komitmen Blibli untuk berinovasi dengan mempertemukan pelaku pariwisata lokal dan ekonomi kreatif di ekosistem Blibli.

Program ini juga hadir sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta asosiasi pariwisata yang turut bergerak memulihkan pariwisata di Indonesia melalui pemanfaatan berbasis teknologi.

Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dampak COVID-19 di sektor pariwisata membuat pemerintah perlu menyesuaikan proyeksi kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara tahun ini. Pemerintah juga semakin mendorong investasi di sektor pariwisata dan memperkuat promosi pariwisata melalui teknologi.

“Saat ini pemerintah sedang melaksanakan berbagai strategi untuk mendorong kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, diantaranya melalui program Proud Travel #DiIndonesiaAja dan Proud Made Indonesia,” kata Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sandiaga Uno menambahkan, untuk mendorong kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air diperlukan kolaborasi. Kolaborasi salah satunya antara lain platform e-commerce seperti Blibli yang dapat mengakselerasi transformasi digital Indonesia.

Sementara itu, CEO Blibli, Kusumo Martanto menjelaskan, sejak awal pandemi, Blibli bergerak cepat untuk mendukung pemerintah dan asosiasi pariwisata melalui transformasi digital dengan pelaku pariwisata dan UMKM di ekosistem Blibli.

“Kolaborasi kami dengan asosiasi dan penjual pariwisata serta ekonomi kreatif telah membantu kami mengurasi pilihan destinasi wisata dan paket wisata yang menarik dan aman bagi pelanggan. Melalui Blibli Travel & UMKM Fest, kami berharap para pelaku industri ini dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi, ”kata Kusumo.

Di tengah pandemi, Blibli menyaksikan semakin banyak pelaku industri tour and travel yang beralih ke platform online. Membandingkan kuartal pertama tahun 2021 dengan periode yang sama di tahun 2020, jumlah penjual meningkat sebesar 50%, yang menunjukkan bahwa para pelaku tur dan perjalanan melakukan ekspansi ke saluran e-commerce untuk menjangkau pasar.

Masuknya para seller baru ini telah mendongkrak jumlah produk wisata di Blibli hingga 4 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Produk wisata yang ditawarkan pun beragam, seperti Virtual Tours hingga Travel Coupons.

Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku industri pariwisata yang menyadari pentingnya transformasi digital untuk bertahan dari pandemi. Blibli juga menyediakan wadah bagi para pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif lokal dengan hadirnya kategori Galeri Indonesia.

Baca:  Berita Teknologi Terkini: 3 Februari 2021, Masih Hangat!

Untuk menghadirkan program yang dapat secara masif mempromosikan kedua industri tersebut, Blibli menyelenggarakan program Blibli Travel & UMKM Fest yang akan berlangsung mulai 16 hingga 30 April 2021. Lebih dari 90.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif telah mengikuti program ini.

“Dengan memanfaatkan platform teknologi yang disediakan oleh ekosistem e-commerce Blibli, industri pariwisata dan sektor ekonomi kreatif dapat memberikan pilihan yang lebih kaya kepada pelanggan, sehingga pertumbuhan kedua industri tersebut dapat terwujud,” lanjut Kusumo.

Sementara itu, Lay Ridwan Gautama, Executive Vice President (EVP) Kategori Digital, Automotive & Travel, Blibli mengatakan optimisme meningkat seiring dengan vaksinasi nasional, sehingga Blibli Travel & UMKM Fest diharapkan menjadi program yang dapat menarik masyarakat untuk menikmati pariwisata. di era baru. normal.

“Program ini juga menjadi wadah kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk asosiasi pariwisata seperti Astindo dan AELI, serta industri perhotelan yang merupakan bagian dari jaringan hotel luar negeri seperti TAUZIA Hotels yang memberikan pilihan staycation dengan jaminan implementasi sertifikasi CHSE, kata Lay Ridwan Gautama.

Lay juga menyoroti paket wisata eksperiensial yang juga hadir dalam program ini yang diberikan oleh sejumlah pelaku UMKM di berbagai desa wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. “Paket wisata seperti ini menjadi peluang bagi UMKM di kawasan wisata untuk terus mengeksplorasi berbagai bentuk produk pariwisata lainnya,” tutup Lay.

Untuk menambah keseruan pelanggan dalam program Blibli Travel & UMKM Fest, rangkaian promo spesial juga digelar seperti Flash Deals, Brand Deals eksklusif hingga cinderamata lokal hasil kurasi. Untuk info lebih detail tentang Blibli Travel & UMKM Fest, kamu bisa buka link Blibli.com/trvumkm-fest.