Cara Menghemat Konsumsi Listrik Anda

Cara Menghemat Konsumsi Listrik Anda

Anda harus tau cara menghemat konsumsi listrik Anda. Sebagaimana sesuai dengan sosialisasi pemerintah untuk slogan “hemat energi hemat biaya“. Hal ini sejalan dengan peningkatan tagihan listrik baru-baru ini.

Pusing karena tiap bulan tagihan listrik membengkak? Jangan khawatir karena kini Anda telah menemukan daftar solusi untuk menurunkan tagihan listrik PLN.

Cara Menghemat Konsumsi Listrik Anda

Caranya sederhana, lho, yakni dengan sedikit mengubah kebiasaan kita dalam menggunakan listrik dan mengikuti sejumlah tips dan trik berikut ini.

1. Manfaatkan listrik prabayar

cara menghemat listrik
Sumber gambar: tambahsatu

Salah satu tips hemat listrik yang paling efektif adalah beralih ke listrik prabayar. Tidak perlu khawatir pemakaian berlebihan karena Anda sendiri yang menentukan seberapa besar pengeluaran listrik yang sesuai dengan kantongmu.

Untungnya lagi, Anda bisa membeli token listrik kapan pun Anda butuh melalui Tokopedia. Dapatkan promo spesial untuk pembelian token listrik di Tokopedia!

2. Matikan lampu dan peralatan listrik saat tidak digunakan

Jangan tinggalkan elektronik atau bola lampu Anda sepanjang hari.Bola lampu tradisional membuang 95% energi yang mereka gunakan untuk mengeluarkan panas, dengan hanya 5% yang digunakan untuk menerangi. Ganti atau gunakan dengan hemat.

Membiarkannya dalam waktu lama sangat boros jadi tindakan kurang bijak. Bola lampu pijar halogen, lampu fluoresen kompak (CFL), dan lampu LED menggunakan daya 25-80 persen lebih hemat listrik dan bertahan 3 hingga 25 kali lebih lama daripada lampu tradisional.

Pada malam hari saat aktivitas kita berakhir dan waktunya beristirahat, inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan penghematan listrik. Seperti Anda yang recharge tenaga pada malam hari, penggunaan listrik juga perlu diistirahatkan.

Selain untuk hemat listrik, tips ini juga sekalian untuk memaksimalkan istirahat pada malam hari.

Kurangi penggunaan pemanas air

Pemanasan air adalah penyumbang utama konsumsi energi total Anda. Selain membeli pemanas air hemat energi, ada dua metode untuk mengurangi biaya pemanasan air Anda, Anda cukup menggunakan lebih sedikit air panas atau mematikan termostat pada pemanas air Anda.

Cabut pengisi daya baterai saat tidak digunakan:

Banyak perangkat termasuk pengisi daya baterai menarik daya terus menerus bahkan saat tidak digunakan.

3. Manfaatkan ventilasi udara

cara menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Memang, tak ada yang bisa mengalahkan efektifnya AC dalam melawan udara panas di negara tropis. Tapi jika ingin hemat listrik, coba deh lebih memanfaatkan penggunaan ventilasi udara.

Jika rumah Anda memang kekurangan ventilasi udara, coba perbanyak jendela dan kisi-kisi. Selain rumah jadi lebih sejuk Anda jadi lebih hemat listrik karena tidak terlalu sering menggunakan AC.

Mendatangkan sinar matahari juga bisa menjadi solusi. Pada siang hari, matikan lampu buatan dan gunakan jendela dan skylight untuk menerangi rumah Anda.

4. Cabut steker kabel jika tidak dipakai

hemat listrik
Sumber gambar: pexels

Biasanya orang lebih suka membiarkan steker tercolok selama 24 jam. Selain lebih mudah ketika memerlukan daya listrik, misalnya untuk mengisi ulang gadget, kita juga jadi lebih cepat dalam melakukan sesuatu.

Tapi sayangnya, kecepatan dan kenyamanan itu harus ditebus dengan tagihan listrik mahal. Sebab steker yang tercolok itu tetap mengkonsumsi listrik lho meskipun tidak tersambung ke perangkat lain seperti televisi, hape, laptop dan lain sebagainya.

Tips hemat listrik selanjutnya adalah dengan cabut steker saat tidak dipakai. Selain hemat listrik, mencabut steker juga mencegah korsleting, lho.

5. Hindari penggunaan mesin pengering

cara menghemat listrik rumah
Sumber gambar: pexels

Kita harus bersyukur menjadi warga negara Indonesia tinggal di negara tropis seperti Indonesia, karena dengan banyaknya panas matahari, kita gak perlu repot membeli atau menggunakan mesin pengering.

Baca:  Khusus K-Popers, Ini Cara untuk Nonton Momen Seru MAMA 2020 di Joox

Cukup jemur pakaian di tali jemuran pada siang hari, dan baju-bajumu akan kering total dalam waktu 1-2 jam.

Biaya listrik untuk mengoperasikan mesin pengering pun tidak membebani, sehingga misi hemat listrik pun tetap terjalani.

6. Gunakan TV dan Monitor LED

Televisi dan Monitor LED terbukti lebih hemat listrik dibanding layar yang memiliki blok belakang. Disamping itu, display dari layar LED juga jauh lebih jelas dan nyaman dilihat dibanding model-model lama. Anda bisa cari informasi perbedaan tv led.

Sama hal nya dengan lampu LED, membeli TV dan monitor LED memang lebih mahal, tapi ini adalah sebuah langkah investasi untuk menekan tagihan listrik

Memakai fasilitas AC untuk menumpas panas siang hari memang hal kesukaan banyak orang, tapi demi menghemat listrik, coba sesekali manfaatkan ventilasi udara untuk sejukkan ruangan.

Dengan ini, Anda hemat listrik dan mempromosikan pergantian udara yang bermanfaat bagi saluran pernapasan juga.

Pada malam hari saat aktivitas kita berakhir dan waktunya beristirahat, inilah saat yang tepat untuk memaksimalkan hemat listrik. Mematikan listrik pada malam hari seperti kipas, lampu, atau TV sudah lebih dari cukup untuk melengkapi misi hemat listrik-mu.

7. Gunakan laptop, bukan komputer desktop

menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Komputer desktop memang membuat pemakai lebih leluasa dalam bekerja, tapi sayangnya, komputer desktop memakan banyak listrik ketika beroperasi.

Ditambah lagi banyak poin plus nya kok dari menggunakan laptop, seperti mudah dibawa kemana-mana, banyak model laptop yang bisa Anda pilih, dan juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer desktop.

8. Gunakan air panas saat masak nasi dengan rice cooker

hemat listrik rumah tangga
Sumber gambar: bonappetit

Mungkin tidak pernah Anda sadari Anda memasak nasi menggunakan rice cooker ternyata menarik daya listrik cukup besar.

Tips hemat listrik rice cooker berikutnya adalah dengan menggunakan air panas saat memasak nasi dengan rice cooker. Selain menghemat listrik, proses memasak nasi juga jadi lebih singkat. 

9. Gunakan alat elektronik sesuai kebutuhan dan kapasitas

menghemat listrik rumah tangga
Sumber gambar: pexels

Penggunaan alat elektronik sesuai kebutuhan dan kapasitas dalam hemat listrik. Salah satu cara untuk melakukan tips ini contohnya memakai mesin cuci dengan kapasitas tertentu, dan tidak overload pakaian saat penggunaan.

Menggunakan kulkas dengan watt keciljuga bisa jadi pilihan lain. Intinya, jangan memakai alat elektronik melampaui kapasitasnya, karena jika alat elektronik bekerja ekstra keras, alat itu juga akan memakan lebih banyak tenaga listrik.

10. Perbanyak tanaman

cara menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Mengoptimalkan potensi alam juga bisa jadi trik dalam memperhemat tagihan listrik. Keberadaan tanaman hijau akan membuat di lingkungan sekitarnya lebih segar dan sejuk.

Jika telah begini, penggunaan AC dapat dikurangi atau bahkan tidak dipakai sama sekali. 

11. Gunakan tirai untuk menahan panas

cara menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Sementara tirai tetap berperan dalam menahan panas, cahaya matahari pada siang hari dapat dimanfaatkan sebagai pencahayaan. Cara ini dapat meminimalisir penggunaan lampu pada siang hari yang tidak perlu.

12. Sumber daya energi alternatif 

cara menghemat listrik
Sumber gambar: pexels

Untuk menghemat listrik Anda juga bisa memakai sumber daya energi alternatif. Contohnya adalah panel surya. Kenapa panel surya?

Pertama, panel surya tidak memerlukan bahan bakar yang berarti tidak menghasilkan emisi gas yang menimbulkan polusi.

Kedua, kapasitasnya dapat diatur sesuai dengan modul yang dipasang. Jadi Toppers gak akan kelebihan atau kekurangan listrik. 


Demikianlah cara menghemat konsumsi listrik Anda yang dapat diterapkan di rumah. Untuk Anda yang ingin membayar tagihan listrik atau membeli token PLN, Anda bisa melakukan pembayaran dan pembelian melalui Tokopedia.

The post Cara Menghemat Konsumsi Listrik Anda appeared first on Dunia Teknologi.