Inilah Jajaran Laptop Gaming ROG yang Unjuk Gigi di CES 2021

Inilah Jajaran Laptop Gaming ROG yang Unjuk Gigi di CES 2021

ASUS mengumumkan jajaran laptop ROG terbarunya yang hadir dengan teknologi layar terkini, mulai dari layar dengan panel 4K 120Hz, WQHD 165Hz, dan FHD 360Hz. Diperkenalkan pertama kali pada CES 2021, jajaran laptop dengan layar tercanggih di dunia hadir untuk memuaskan dan memanjakan para gamer.

Laptop gaming ROG yang menggunakan teknologi layar terkini antara lain ROG Strix SCAR 17 yang hadir dengan panel 360Hz / 3ms untuk para gamer esports profesional, serta laptop gaming ROG Zephyrus Duo 15 SE layar ganda yang dilengkapi panel 4K 120Hz.

Sedangkan varian laptop gaming ROG lainnya akan tampil dengan variasi panel WQHD 165Hz yang mampu menampilkan konten grafis lebih tajam dan lebih baik dari panel resolusi FHD. Kali ini, teknologi layar yang diusung jajaran laptop gaming ROG juga menghadirkan kualitas reproduksi warna terbaik bagi kreator konten.

Kecepatan adalah hal terpenting pada layar untuk laptop gaming. Hal inilah yang selalu menjadi fokus utama tim ROG dalam mengembangkan teknologi layar laptop. ROG telah lama menjadi pemimpin dalam industri tampilan game dan merupakan yang pertama menghadirkan layar level IPS 120Hz ke pasar.

ROG terus berinovasi dan menghadirkan teknologi Overdrive dari monitor gaming ke layar laptop, sehingga untuk pertama kalinya layar laptop bisa memiliki refresh rate yang sangat cepat dan response time yang sangat singkat. Tentunya ROG akan terus mengembangkan layar dengan refresh rate yang lebih baik dan waktu respon yang lebih singkat.

Salah satu pencapaian tim ROG dalam mengembangkan layar berkecepatan tinggi terdapat pada laptop gaming ROG Strix SCAR 17 yang mengusung layar dengan panel 360Hz / 3ms, menjadikannya tampil sebagai laptop gaming dengan layar tercepat di dunia. hari ini.

Bisa dibilang performa layar pada ROG Strix SCAR 17 mirip dengan gaming monitor ROG Swift yang sama-sama mengusung panel 360Hz. Sementara itu, waktu respons 3ms bisa dicapai berkat algoritme khusus yang juga digunakan di jajaran monitor gaming ROG.

ROG Strix SCAR 17 merupakan laptop yang dirancang khusus untuk para gamer esports dan kehadiran layar dengan refresh rate yang cepat serta waktu respon yang singkat menjadi salah satu hal terpenting. Menggunakan panel 360Hz akan memotong waktu tunda setiap kali bingkai ditampilkan hingga 33% dari panel 240Hz.

Ini akan sangat berpengaruh pada gamer profesional yang kemenangannya sangat ditentukan oleh kecepatan respon dan kemampuan layar untuk menampilkan gambar secepat mungkin. Varian laptop gaming ROG lainnya seperti ROG Strix SCAR 15 dan ROG Zephyrus Duo 15 SE akan tampil dengan panel 300Hz / 3ms.

Komunitas game tidak hanya terbatas pada esports. Itulah mengapa ROG berfokus pada pengembangan teknologi layar panel level IPS. Tidak seperti teknologi panel lainnya, level IPS mampu bekerja dengan kecepatan refresh yang cepat dan waktu respons yang singkat, tetapi tetap memiliki sudut pandang yang lebar dan kemampuan reproduksi warna yang tinggi.

Di tahun 2020, ROG bahkan mampu menghadirkan laptop gaming ROG Zephyrus yang mengusung panel 300Hz namun tetap memiliki kualitas reproduksi warna yang tinggi dan akurat. Laptop gaming ini juga telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated.

Baca:  S Pen Pro untuk Galaxy S21 Ultra akan Meluncur Akhir Tahun

Menggunakan layar resolusi tinggi juga akan menimbulkan masalah. Karena semakin tinggi resolusi layar, semakin rendah kecepatan refreshnya. Sebelumnya, layar beresolusi 4K UHD hanya bisa tampil dengan refresh rate 60Hz, yang tentunya sudah bukan lagi standar untuk gaming.

Untuk itu, tim ROG menghadirkan inovasi terbaru yang akan meningkatkan standar industri pada layar laptop gaming. Salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan tim ROG kali ini ada pada laptop gaming layar ganda ROG Zephyrus Duo 15 SE.

Laptop gaming ini memiliki varian yang mengusung layar 4K UHD dengan refresh rate 120Hz dan response time 3ms. Tidak hanya itu, layar ROG Zephyrus Duo 15 SE memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat dengan color gamut hingga 100% pada Adobe RGB dan memiliki sertifikasi PANTONE Validated.

Tak hanya di jajaran laptop gaming premium, tim ROG juga berkomitmen menghadirkan inovasi tersebut agar bisa diakses oleh lebih banyak gamer. Pada September 2020, ASUS ROG menjadi pabrikan laptop gaming pertama di dunia yang memperkenalkan layar WQHD dengan resolusi 2560 x 1440 piksel.

Menariknya, layar WQHD yang diperkenalkan tersebut juga memiliki refresh rate hingga 165Hz. Teknologi layar ini akan menjadi standar baru dalam industri laptop gaming dan akan tersedia di jajaran laptop gaming ROG seperti ROG Zephyrus G15, ROG Strix G15, dan ROG Strix G17.

Layar berperforma tinggi tidak hanya akan dihadirkan pada laptop gaming layar lebar. Laptop gaming dengan ukuran layar 14 inci seperti ROG Zephyrus G14 juga akan mendapatkan upgrade yaitu layar dengan resolusi WQHD dengan refresh rate 120Hz.

Sama seperti generasi sebelumnya, ROG Zephyrus G14 juga memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat, serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated. Hal ini membuat ROG Zephyrus G14 ideal sebagai "laptop serba guna" yang kuat, baik untuk pembuat konten game maupun konten.

Tahun ini, ROG juga menghadirkan laptop gaming baru yang sangat spesial yaitu ROG Flow X13. Laptop gaming inovatif ini mengusung layar 13 inci yang dibenamkan dalam form-factor 2-in-1 yang sangat ringkas. Meski begitu, tim ROG mampu menghadirkan layar beresolusi FHD dengan refresh rate 120Hz dan rasio layar 16:10.

Kelebihan rasio layar yang dimiliki ROG Flow X13 memungkinkan pengguna memiliki ruang kerja yang lebih lega. Selain itu, layar yang didukung ROG Flow X13 juga dilengkapi fitur touchscreen dan mendukung penggunaan stylus.