Mau Punya Handphone Flagship Impian? Ga Harus Selalu Rogoh Kocek Banyak Lho

Gadgetren

Samsung Galaxy S20 Ultra

Gadgetren – Bila kamu termasuk penggemar berat dua produsen handphone Samsung dan Apple, maka tentunya segala cara pasti akan kamu lakukan untuk memiliki handphone flagship terbarunya.

Namun sebenarnya ada lho cara yang paling ekonomis untuk bisa merasakan pengalaman handphone flagship yang penuh fitur, yakni dengan menunggu saja. Jika kamu ingin menjajal handphone flagship dengan harga yang sangat terjangkau, maka kamu bisa membeli perangkat yang meluncur sudah cukup lama.

Dari produsen Samsung, kamu bisa memilih lini Galaxy S8 atau lini Galaxy S9, sedangkan dari produsen Apple kamu bisa melihat kembali iPhone 7 dan iPhone 8. Galaxy S8 diluncurkan di Indonesia pada tahun 2017 dengan harga Rp 10.499.000 untuk versi standar dan S8 Plus senilai Rp 11.999.000. Empat tahun setelah perilisannya, harga Galaxy S8 mengalami penurunan yang cukup jauh.

Berdasarkan pantauan tim Gadgetren melalui beberapa situs e-commerce harga Galaxy S8 kini dibanderol sekitar Rp 3- 4 jutaan. Bahkan ada beberapa yang memberi harga bekas untuk handphone ini hanya  Rp 2 jutaan saja. Setahun setelah perilisan Galaxy S8, Samsung berlanjut memasarkan lini Galaxy S9 dan tiga tahun setelah peluncurannya juga mengalami penurunan yang banyak.

Galaxy S9 saat peluncurannya dibanderol Rp 11.499.000 dan Galaxy S9 Plus dihargai Rp 12.999.000. Kini harga dari Galaxy S9 di situs e-commerce berada di kisaran Rp 4-6 jutaan, sedangkan untuk harga bekasnya hanya Rp 3 jutaan.

Beralih ke iPhone 7 dan iPhone 8 pun demikian. Harga iPhone 7 sendiri kini dibanderol hanya Rp 3-4 jutaan, sedangkan harga bekas hanya Rp 2-3 jutaan. Padahal, harga peluncuran lini iPhone 7 di Indonesia tahun 2019 silam mencapai Rp 13-19 jutaan.

Sementara harga iPhone 8 di tahun 2021 sudah berada di kisaran Rp 5-6 jutaan, sedangkan harga bekasnya hanya Rp 3-4 jutaan. Lini iPhone 8 sendiri beredar pertama kali tahun 2017 dahulu dibanderol di kisaran Rp 12-14 jutaan.

Samsung Galaxy S8 - Desain

Namun bila kamu mempunyai anggaran lebih, maka kamu bisa melirik handphone flagship yang dirilis dua atau setahun lalu dari Samsung, yakni ada lini Galaxy S10 dan lini Galaxy S20. Sementara dari Apple hadir iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, dan lini iPhone 11.

Menariknya, harga Galaxy S20 resmi versi standar kini menjadi Rp 9.999.000 dari harga peluncuran Rp 12.999.000. Kemudian Galaxy S20 Plus baru di situs belanja online sekitar Rp 9 jutaan, sedangkan harga Galaxy S20 Ultra mencapai Rp 12 jutaan. Untuk harga bekas Galaxy S20 ada yang hanya Rp 8 jutaan.

Baca:  Apple Mulai Buka Pre-Order iPhone 12 mini dan 12 Pro Max di 30+ Negara

Lalu untuk Galaxy S10 dijual pada peluncuran senilai Rp 12.999.000 kini ditelusuri di e-commerce bisa dibeli hanya Rp 5-7 jutaan dan harga bekasnya senilai Rp 5-6 jutaan. Hal serupa juga berlaku dengan iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, dan seri iPhone 11 yang kini dibanderol lebih murah.

iPhone XR kini dijual dengan harga baru resmi senilai Rp 8 juta dari harga Rp 15 jutaan, harga baru iPhone XS senilai Rp 12 juta dari harga Rp 20 jutaan, dan iPhone XS Max baru sekarang dijual 13 juta dari harga Rp 22 jutaan.

Samsung Galaxy S9 - Desain

Sementara untuk iPhone 11 sendiri tidak begitu besar mendapat potongan harga di tahun 2021 di kisaran Rp 1-2 juta lantaran masih terbilang baru. iBox mencantumkan harga untuk varian kapasitas terkecil dari iPhone 11 senilai Rp 12 juta, iPhone 11 Pro dijual Rp 16 juta, dan iPhone 11 Pro Max dibanderol Rp 18 juta.

Dengan melihat harga-harga baru di atas, lini Galaxy S8, Galaxy S9, iPhone 7, dan iPhone 8 bisa disimpulkan menjadi perangkat yang sangat menggiurkan untuk kamu yang ingin mencicipi handphone flagship dengan harga sangat murah.

Mengapa demikian? Alasannya, secara performa handphone-handphone tersebut masih terbilang kencang dan ketangguhannya bahkan masih di atas rata-rata perangkat kelas menengah yang saat ini tengah beredar di Indonesia sehingga masih mampu menjalankan beragam aplikasi hiburan, produktivitas, berselancar di media sosial, hingga bermain game.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus All

Tetapi perlu kamu ingat biasanya handphone lawas tersebut secara kecepatan performanya juga masih kurang dimana hanya 2,3GHz untuk Galaxy S8 yang kalah dengan Galaxy S9, Galaxy S10, atau Galaxy S20.

Begitu pula dengan iPhone 8 yang menggunakan chipset Apple A11 Bionic dimana masih tertinggal dengan kakak-kakaknya. Selain itu, yang perlu kalian ketahui tentang kekurangan handphone lawas dari segi fitur pendukungnya dimana masih menggunakan versi yang lama seperti perlindungan anti gores, baterai yang kurang besar sehingga cepat boros pemakaian, versi Bluetooth, WiFi, dan resolusi kamera yang kecil dibandingkan dengan yang ada sekarang.

Namun bagi kamu yang tidak ingin ketinggalan teknologi dan mempunyai budget lebih bisa membeli handphone flagship satu hingga tiga tahun lalu seperti lini Galaxy S10 dan Galaxy S20 atau iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, serta iPhone 11.

Baca lebih lanjut seputar gadget di gadgetren.comThe post Mau Punya Handphone Flagship Impian? Ga Harus Selalu Rogoh Kocek Banyak Lho first appeared on Gadgetren.