Motorola Edge S dengan Snapdragon 870 Resmi Meluncur

Motorola Edge S dengan Snapdragon 870 Resmi Meluncur

Setelah ramai dibicarakan banyak orang, akhirnya Motorola mengumumkan smartphone terbarunya yaitu Motorola Edge S. Ini merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset Snapdragon 870. Muncul dengan baterai besar, memiliki total enam kamera dan harganya mulai dari 1.999 Yuan (Rp4,4 juta).

Meski mengusung embel-embel "Edge", jangan terkecoh dengan panel displaynya. Motorola Edge S tidak memiliki layar melengkung. Layarnya datar dan memiliki dua lubang di sudut kiri atas yang menampung kamera ganda.

Namun, bagian belakang smartphone ini melengkung dan Anda akan menemukan empat kamera yang disusun dengan cara yang mirip dengan tata letak kompor gas di dapur. Smartphone ini memiliki lapisan NVCM dan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Emerald Glaze dan Emerald Light.

Motorola Edge S memiliki layar LCD berukuran 6,7 inci. Menariknya, memiliki aspek rasio 21: 9, layar smartphone ini dipersenjatai dengan refresh rate 90Hz. Resolusi layarnya adalah 2.520 x 1.080 piksel dan memiliki PPI 409, HDR10 dan gamut warna DCI-P3.

Motorola sesumbar, dukungan chipset Snapdragon 870 mampu menghadirkan peningkatan performa dibanding pendahulunya. Kinerja CPU-nya dikatakan lebih tinggi hingga 12% dibandingkan dengan Snapdragon 865, sementara kinerja GPU meningkat 10%.

Menurut Motorola, Edge S mendapat skor lebih tinggi dari Mi 10 di AnTuTu. Skor keseluruhan yang diraih Motorola Edge S pada platform benchmarking ini adalah 680.826 poin. Sebagai perbandingan, Mi 10 hanya mampu mencetak 585.232 poin.

Motorola juga menegaskan bahwa skor tinggi ini tidak hanya karena dukungan chipset terbaru yang diperkenalkan oleh Qualcomm, tetapi juga berkat RAM Turbo LPDDR5 yang 72% lebih cepat dari LPDDR4 dan juga penyimpanan UFS 3.1 yang 25% lebih cepat dari UFS 3.0.

Empat kamera di bagian belakang perangkat termasuk kamera utama 64 MP f / 1.7, kamera ultra-lebar 16 MP 121 ° yang juga berfungsi ganda sebagai kamera makro 2,8 cm, kamera kedalaman 2 MP untuk mengambil gambar potret yang lebih baik, dan kamera TOF. yang memiliki lingkaran cahaya disekitarnya.

Kamera depan adalah sensor 16 MP yang dipasangkan dengan kamera ultra-wide 8 MP 100 °. Dukungan kamera yang disematkan juga memiliki sejumlah fitur menarik antara lain mode vlog, mode malam, dan perekaman video 6K pada 30 fps dan 4K pada 60 fps.

Baca:  Review Huawei Watch Fit: Smartwatch Terjangkau dengan Fitur Berlimpah

Daya tarik lainnya, smartphone ini juga memiliki Audio Zoom sehingga pengguna bisa lebih dekat dengan sumber suara saat merekam, seperti melakukan zoom in dengan kamera agar lebih dekat dengan subjek. Motorola Edge S tidak hadir dengan ZUI tetapi antarmuka pengguna baru yang disebut MY UI berbasis Android 11.

Motorola mengatakan bahwa antarmuka barunya lebih ringan dan lebih efisien. Smartphone ini juga memiliki asistennya sendiri yang disebut dengan motto AI. Beberapa fitur yang dimilikinya termasuk mode desktop, pengenalan objek, dan fitur layar terbagi yang dapat diaktifkan dengan menggesek pemindai sidik jari yang dipasang di samping.

Gestur terkenal Motorola juga tidak hilang, jadi pengguna masih bisa mengaktifkan silent mode dengan melakukan triple swipe, menyalakan dan mematikan flash dengan double swipe, dan dengan cepat masuk ke aplikasi kamera lewat double swipe cepat di pergelangan tangan.

Motorola Edge S masih dibekali dengan port jack audio 3.5mm dan port USB-C yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai 5.000 mAh di 20W. Smartphone ini juga memiliki dukungan rating IP52, dukungan dual SIM, Bluetooth 5.1, dan GPS frekuensi ganda.

Diperkenalkan dan dipasarkan di China, Motorola Edge S varian RAM 6 GB + ROM 128 GB dibanderol dengan harga 1.999 Yuan atau sekitar Rp4,4 juta. Dua varian lainnya adalah RAM 8GB + ROM 128GB dan RAM 8GB + ROM 256GB yang masing-masing dijual seharga 2.399 Yuan (Rp 5,2 juta) dan 2.799 Yuan (Rp 6 jutaan).