Nokia PureBook X14 Siap Dirilis, Ultrabook Tipis dengan Kamera Inframerah

Nokia PureBook X14
Nokia PureBook X14

Pada bulan Oktober lalu, Nokia sempat meluncurkan sebuah perangkat elektronik berjenis smart TV di India. Kurang lebih sama seperti realme TV yang hadir di Indonesia, smart TV tersebut diproduksi oleh Flipkart, sehingga Nokia hanya memberikan merk-nya saja. Kali ini, Nokia akan merilis sebuah laptop bernama Nokia PureBook X14.

Meski masih berstatus “coming soon”, Flipkart telah memajang halaman produk halaman ini, bersama dengan beberapa spesifikasi kuncinya. Sementara itu, masih belum diketahui apakah kehadiran Nokia PureBook X14 ini benar-benar diproduksi oleh Nokia atau perusahaan pihak ketiga. Yang pasti, bakal menyasar segmen laptop kelas atas, mengingat spesifikasinya yang cukup baik.

Dari halaman produk yang sudah dipajang oleh Flipkart, terlihat bahwa laptop ini hadir untuk memenuhi segmen ultrabook premium. Dan seperti smartphone flagship Nokia, bodinya terbuat dari material yang kokoh. Menggunakan magnesium aluminium alloy, pilihan warnanya hanya satu, yaitu Matte Black. Yang menarik adalah bobotnya yang sangat ringan.

Baca juga: Review Nokia C3: Rumput Tetangga Jauh Lebih Hijau

Spesifikasi Nokia PureBook X14

Nokia PureBook X14

Dengan ketebalan hanya 16,88mm, bobotnya hanya 1,1 kilogram, tergolong sangat ringan untuk sebuah ultrabook. Padahal dimensi layarnya cukup besar—14 inci dengan menggunakan panel IPS. Bezelnya dibuat tipis, hanya 4,8mm, dan resolusinya juga sudah full HD. Nokia PureBook X14 juga sudah dibekali sertifikasi Dolby Vision untuk tampilan visual yang lebih baik.

Nokia PureBook X14 gunakan prosesor dari Intel, dan bukan yang terbaru serta tercepat. Dengan Intel Core i5-10210U, juga tak ada opsi untuk kartu grafis tambahan selain Intel UHD Graphics bawaan. Sementara kapasitas RAM-nya 8GB, dengan dua slot yang mendukung hingga 16GB DDR4. Dipasangkan dengan SSD 512GB NVMe.

Baca:  Seperti Ini Desain Belakang Huawei Mate 40 RS Porsche Design yang Akan Datang

Meski hadir sangat tipis, kelengkapan port-nya cukup banyak, kecuali slot kartu untuk SD card atau microSD. Terdapat dua port USB-A 3.1, satu port USB-A 2.0, satu port USB-C 3.1, HDMI port, audio jack bahkan RJ45. Dan untuk audio, ada dua speaker serta dua mikrofon untuk kenyamanan panggilan saat digunakan untuk konferensi virtual, dengan dukungan Dolby Atmos.

Nokia PureBook X14 Gabungkan Kamera dengan Windows Hello

Nokia PureBook X14

Namun masih ada satu kelebihan yang ditawarkan oleh Nokia PureBook X14. Tak menggunakan sensor sidik jari untuk mengamankan data di dalamnya, perangkat ini gunakan perangkat kamera inframerah di atas layarnya. Kamera tersebut bekerja bersamaan dengan Windows Hello, sehingga dapat mendeteksi wajah untuk membuka kunci layar. Tak banyak ultrabook yang gunakan teknologi ini.

Meski spesifikasinya cukup lengkap dipaparkan oleh halaman produk yang ada di Flipkart, belum ada informasi mengenai ketersediaan laptop dari Nokia ini, termasuk dari harga yang bakal ditawarkan. Meski, dari spesifikasinya, bisa diperkirakan bila harganya bakal cukup tinggi. Juga belum ada informasi mengenai ketersediaannya di luar India. Kita nantikan saja peluncuran resminya ya.