OPPO Kuasai Pangsa Pasar Smartphone di Asia Tenggara Q2 2020

OPPO Kuasai Pangsa Pasar Smartphone di Asia Tenggara Q2 2020
Spesifikasi OPPO Reno4

SSetiap tahunnya, produsen smartphone secara global terus bersaing dengan menghadirkan berbagai seri smartphone di berbagai segmen. Hasil? Untuk memberikan penawaran terbaik, dan tentu saja untuk menguasai pasar. Salah satu ukuran tingkat keberhasilannya dapat dilihat dari laporan penelitian dari berbagai lembaga terpercaya, salah satunya adalah Counterpoint Research.

Baru-baru ini, sebuah lembaga riset yang berfokus pada pasar teknologi mempublikasikan temuannya melalui akun resmi LinkedIn. Temuan yang menarik, OPPO akhirnya berhasil menggeser Samsung menjadi merek nomor satu dengan pengapalan smartphone terbanyak di Q2 2020, setelah sebelumnya menduduki peringkat kedua.

Melalui tabel dan bagan yang dipublikasikan ke publik, Counterpoint Research menyebutkan bahwa terjadi penurunan jumlah pengapalan produk jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun 2019. Lebih tepatnya, dari April hingga Juni 2020, sebanyak 24 juta unit smartphone telah dikapalkan di Asia. Tenggara.

Baca juga: EISA Awards, OPPO Find X2 Pro Raih Gelar Produk Smartphone Cerdas Terbaik

Pangsa Pasar OPPO di Asia Tenggara 20,3%

Counterpoint Research Q2 2020

Hal tersebut wajar, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda banyak negara di kawasan, bahkan secara global. Namun kembali ke pembahasan sebelumnya, di momen seperti ini, OPPO justru berhasil meningkatkan performa penjualannya, dengan mengirimkan lebih banyak perangkat, setelah bersaing dengan Samsung di tahun sebelumnya hanya selisih 0,2%.

Di Q2 2020, OPPO menjadi yang paling unggul dengan total pangsa pasar 20,3% mengungguli Samsung yang kini berada di posisi kedua dengan 19,5%. Sebenarnya keduanya mengalami sedikit peningkatan dibanding tahun lalu. Di posisi ketiga, Vivo juga meningkat signifikan dari 13,6% menjadi 17,9%, yang kemudian disusul Xiaomi dan Realme di posisi keempat dan kelima.

Counterpoint Research Q2 2020

Di postingan yang sama, Counterpoint juga mengatakan bahwa smartphone di kisaran harga USD150-250 paling terpengaruh selama pandemi, turun hingga 40% YoY (year-on-year). Sedangkan harga yang kurang dari USD150 hanya mengalami penurunan sebesar 10%. Informasi ini menegaskan bahwa konsumen di Asia Tenggara cenderung membeli smartphone dengan harga terjangkau.

Secara alami, mengingat selama pandemi, lebih banyak orang memilih atau dipaksa bekerja atau mengambil program pendidikan dari jarak jauh di rumah. Dengan begitu, semakin banyak yang mencari smartphone terjangkau untuk memenuhi kebutuhan online tersebut. Di Indonesia, OPPO memberikan sejumlah pilihan smartphone terjangkau dengan kapasitas baterai besar. Seperti OPPO A1k dan OPPO A12 yang masing-masing dibanderol mulai Rp 1.699.000 & hanya Rp 1.899.000.

Baca:  Sambut Harbolnas 2020, Blibli Gelar Histeria 10.10 di Masa Pandemi

Penjualan Diharapkan Mulai Meningkat pada Kuartal 3 2020

Analis senior dari Counterpoint Research, Jin Suk Park mengatakan akan sulit bagi pasar untuk pulih sepenuhnya pada kuartal ketiga tahun 2020. Apalagi saat Covid-19 kembali menyebar (atau masih menyebar) di beberapa negara Asia Tenggara seperti Filipina, Myanmar dan Indonesia.

Namun, banyak negara berusaha untuk tidak memberlakukan lockdown atau karantina sendiri di tempat tinggal masing-masing. Dengan begitu, penjualan smartphone di kuartal berikutnya bisa mulai pulih secara bertahap, meningkat dibandingkan Q2 2020.

Di Indonesia sendiri, OPPO terus memperkuat portofolio smartphone terbarunya dengan merilis OPPO Reno4 dan OPPO A53 sejak pertengahan tahun 2020. OPPO A53 hadir dengan spesifikasi menarik, pertama kali OPPO menghadirkan teknologi layar refresh rate 90Hz ke kelas smartphone Rp 2 jutaan. Sehingga kini semakin banyak orang yang bisa menikmati pengalaman fitur-fitur yang sebelumnya hanya ada di kelas flagship.

OPPO Reno4 disambut baik di Indonesia

OPPO Reno4

Sedangkan OPPO Reno4 hadir dengan fitur-fitur yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya, baik dalam desain maupun dalam teknologi kamera yang dilengkapi AI. Smartphone ini laris manis sejak penjualan perdananya, terjual habis hanya dalam waktu 3 menit pemesanan secara online.

Baca juga: Review OPPO Reno4: Lebih Murah dan Stylish, Kamera Lebih Canggih

Sedangkan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu Reno3, OPPO Reno4 telah mencatatkan peningkatan tiga kali lipat pada urutan pertamanya atau sekitar 32,5%. Dan jika dibandingkan dengan seri yang pernah populer seperti OPPO F11 Pro, peningkatannya telah melebihi 100%.

Dalam waktu dekat, OPPO Indonesia akan memperkenalkan sekuel dari seri Reno4 yaitu OPPO Reno4 Pro. Belum ada bocoran spesifikasinya untuk perangkat ini – biasanya akan sedikit berbeda dengan varian yang sudah tersedia di negara lain. Kami menantikan perkenalan resminya pada 7 September!


Cek harga produk OPPO di:

SHOPEE ERASPACE LAZADA JD.ID