Pengguna Aplikasi Android di Indonesia Keluhkan Force Close Sendiri, Apa Solusinya?

Gadgetren

Xiaomi

Gadgetren – Beberapa pengguna ponsel Android di luar negeri melalui Twitter mengeluhkan aplikasi tiba-tiba berhenti. Salah satu akun Twitter yang menyebarkan berita ini adalah @rumahsakitotak.

Secara umum ia mengungkapkan, tiba-tiba banyak aplikasi Android mulai berhenti termasuk Amazon e-commerce dan aplikasi Gmail. "Ternyata pelakunya memperbarui WebView Sistem Android di Google Play. Cari di Play Store dan tekan uninstall dan itu memperbaiki masalah," tulis @craigrouse.

Hal ini ternyata juga dialami oleh para pengguna aplikasi Android di Indonesia. Pemimpin Redaksi Tim Gadgetren yang asyik menggunakan aplikasi Shopee untuk bermain game juga mengalami pengalaman yang sama seperti @craigrouse.

Jika @craigrouse mengalaminya pada waktu setempat pada tanggal 22 Maret 2021 malam, maka Pimpinan Redaksi Tim Gadgetren akan memulai pada tanggal 23 Maret 2021 Waktu Indonesia Barat. Kemudian langkah yang sama seperti @craigrouse diikuti untuk memecahkan masalah bug di aplikasi Android System WebView yang menyebabkan berbagai jenis aplikasi Android menutup sendiri. "Setelah mengupdate Webview, langsung berjalan lancar," ucapnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Google dikabarkan telah mengkonfirmasi kepada The Verge untuk segera memperbaikinya. "Kami menyadari adanya masalah dengan WebView yang menyebabkan beberapa aplikasi di Android mogok untuk beberapa pengguna," jelas Google.

Berdasarkan pemantauan tim Gadgetren terhadap pembaruan terkini yang diposkan di Dasbor Status Ruang Kerja Google, Google telah mengatasi masalah apl Gmail. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan terima kasih atas kesabaran dan dukungannya. "Yakinlah bahwa keandalan sistem adalah prioritas utama di Google dan kami terus melakukan peningkatan untuk menjadikan sistem kami lebih baik," tulis Google.

Namun Google juga mengarahkan pengguna untuk mengupdate Sistem Android WebView dan Google Chrome melalui Google Play secepatnya agar masalah pengguna dapat teratasi.

Baca:  OnePlus 8T Siap Rilis Berbekal Fast Charging 65W

Nah bagi kamu yang mengalami hal yang sama ketika membuka aplikasi tiba-tiba menutup sendiri atau memaksa menutup, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang direkomendasikan oleh Google atau kamu bisa menginstall ulang aplikasi yang sering menutup sendiri.

Tindakan instal ulang adalah cara termudah dan biasanya beberapa aplikasi dapat berjalan dengan lancar kembali. Selain itu, Anda juga bisa menghapus cache atau data aplikasi yang sering menutup sendiri.

Baca lebih lanjut tentang gadget di gadgetren.comPasalnya para pengguna aplikasi Android di Indonesia mengeluh sendiri tentang Force Close, apa solusinya? pertama kali muncul di Gadgetren.