Penundaan iPhone 12 Membuat Pangsa Pasar Apple Anjlok

Penundaan iPhone 12 Membuat Pangsa Pasar Apple Anjlok

Jakarta, Selular.ID – Counterpoint Research baru saja merilis laporan terbarunya di pasar smartphone global pada kuartal ketiga 2020. Menurut laporan lembaga riset yang berbasis di Taiwan, Huawei kembali memimpin pasar smartphone China dengan pangsa 45 persen.

Sepanjang kuartal, penjualan Huawei pulih perlahan dengan pertumbuhan 6 persen di pasar China (kuartal-ke-kuartal). Meski masih mendominasi pasar domestik, pertumbuhan masih turun 14 persen tahun-ke-tahun dan negara belum pulih ke level sebelum COVID.

Berbagai smartphone Huawei 5G, termasuk seri premium P40 / P40 Pro 5G, seri Mate 30 5G, dan seri Nova 7 5G premium yang terjangkau, menerima umpan balik pasar yang positif untuk mendominasi daftar 10 model terlaris di China.

"Namun, karena terkena larangan perdagangan AS yang meningkat sejak pertengahan September, Huawei mengalami kekurangan komponen yang parah dan penjualan mulai menurun," kata analis riset Mengmeng Zhang.

Unggulan Apple iPhone 11, meraih hampir 5 persen dari pangsa pasar, tetap menjadi model ponsel pintar terlaris di China selama kuartal tersebut. Namun, volume penjualan Apple secara keseluruhan turun 7 persen (YoY), dipengaruhi oleh keterlambatan debut seri iPhone 12.

“Konsumsi domestik di China tetap lemah meskipun terjadi peningkatan berturut-turut, seiring dengan tingkat pengangguran yang lebih buruk. Selama periode pemulihan pasca pandemi di Triwulan ke-3, permintaan pasar secara keseluruhan di China tetap stagnan meskipun ada upaya dari OEM ponsel cerdas untuk merangsang penjualan, ”jelas analis riset Flora Tang.

Pangsa Xiaomi meningkat menjadi 11 persen di Q3, mengungguli pasar dengan pertumbuhan 8 persen dalam volume penjualan (YoY). Didorong oleh promosi agresif selama perayaan sepuluh tahun OEM di bulan Agustus, Xiaomi adalah satu-satunya OEM besar yang mencapai pertumbuhan YoY yang positif di kuartal ketiga.

Peringkat ketiga dan keempat ditempati oleh OPPO dan Vivo. Penjualan kedua vendor tersebut menurun dari tahun ke tahun tetapi meningkat dari kuartal terakhir, didorong oleh momentum yang kuat dari seri andalan baru mereka.

Menurut Counterpoint Research, OPPO Reno 4 5G tampaknya menjadi satu-satunya model 5G selain Huawei yang disajikan dalam daftar model smartphone terlaris di China.

Saat membahas segmen smartphone 5G di China, analis senior Ethan Qi berkata: "Sejak awal paruh kedua tahun ini, OEM China telah secara aktif meluncurkan smartphone 5G harga-untuk-nilai dalam kisaran harga di bawah $ 300".

Pada akhir September, operator telekomunikasi China telah membangun 690.000 unit BTS 5G, yang sepenuhnya mencakup kota-kota setingkat prefektur negara itu. Dirangsang oleh upaya para pemain industri ini, penjualan smartphone 5G di China terus melonjak, kata laporan itu.

Postingan Delay iPhone 12 Membuat Pangsa Pasar Apple Turun muncul pertama kali di Selular.ID.

Baca:  Jadi Trending di Twitter, Ini Spesifikasi Menawan Iphone SE 2