Penyebab Kenapa Zoom Tidak Ada Suara dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kenapa Zoom Tidak Ada Suara dan Cara Mengatasinya

Selama wabah Covid-19 merebak, banyak kantor, perusahaan, dan lembaga yang menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Tidak hanya untuk melakukan suatu pekerjaan, bahkan meeting pun diadakan dari jarak jauh menggunakan aplikasi video conference.

Salah satu aplikasi video conference yang mendapat rejeki nomplok adalah Perbesar, yang saat ini merupakan aplikasi konferensi video yang paling banyak digunakan di dunia dengan lebih dari 300 juta pengguna.

Namun, di balik popularitasnya, banyak pengguna Zoom yang mengeluhkan kurangnya keluaran suara saat konferensi video berlangsung. Hal ini tentunya cukup meresahkan, apalagi konferensi tersebut membahas hal yang mendesak.

Jadi, apa sebenarnya alasan konferensi Zoom tidak bersuara? Bagaimana cara mengatasinya jika ini terjadi?

Penyebab Konferensi Tidak Ada Suara Zoom dan Cara Memperbaikinya

1. Ada bug

Foto: Laporan Konsumen

Terkadang jika aplikasi Zoom sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang melibatkan beberapa rapat atau konferensi, akan muncul bug tertentu yang membuat suara percakapan menghilang. Untuk itu sebaiknya restart aplikasi Zoom dan log in kembali ke meeting atau conference room yang sebelumnya diikuti

2. Aktifkan fitur Auto Join Audio

Salah satu faktor yang membuat Zoom tidak bersuara adalah karena fitur Join Audio tidak aktif secara otomatis. Dengan kata lain, Anda harus menekan tombol Gabung Audio setiap kali Anda memasuki rapat video atau konferensi di aplikasi Zoom. Namun terkadang anda lupa untuk menekan tombol Join Audio agar suara tersebut tidak muncul saat anda sedang mengadakan konferensi. Untuk itu sebaiknya aktifkan fitur Automatically Join Audio di menu Setting pada aplikasi Zoom.

3. Matikan Bisu

Foto: wikiHow

Biasanya Host akan mengaktifkan fitur Mute untuk semua peserta agar suara pembicara bisa didengar secara fokus dan tidak diganggu oleh orang lain. Anda harus secara otomatis mematikan fitur Mute di kiri bawah aplikasi agar suara tersebut dapat didengar oleh orang lain saat berbicara di depan peserta Zoom.

Baca:  Yuk Kenali 5 Macam Perangkat Lunak Komputer Yang Ada Di Komputer Anda

4. Sistem operasi bermasalah

Namun jika cara restart masih menimbulkan masalah, maka kemungkinan besar suara hilang karena sistem operasi Windows, MacOS, Android, atau iOS tidak dalam kondisi baik sehingga memutus sambungan audio dari speaker dan earphone ke aplikasi Zoom . Untuk itu, saya sarankan Anda restart. terhadap PC, laptop, MacBook, atau smartphone yang sedang digunakan. Biasanya sistem akan menjadi lebih baik lagi ketika telah direstart dan suara akan terhubung ke aplikasi Zoom.

5. Masalah Speaker atau Headset

Foto: Bagaimana kami dapat membantu?

Tidak hanya aplikasi Zoom, terkadang speaker dari PC, laptop, atau smartphone bisa tiba-tiba rusak, membuat Zoom tidak bersuara sama sekali. Untuk itu anda bisa mencoba mengecek speaker beberapa kali untuk memastikan apakah rusak atau tidak.

Jika speaker rusak, Anda dapat menggunakan speaker eksternal atau headset untuk dapat mendengarkan percakapan di aplikasi Zoom. Namun Anda juga harus memastikan bahwa headset yang digunakan tidak bermasalah agar suara percakapan di aplikasi Zoom terdengar.

Pos Penyebab Zoom Tanpa Suara dan Cara Mengatasinya muncul pertama kali di Dunia Teknologi.