Review ASUS VivoBook 14 (A416): Buat Bekerja dan Belajar di Rumah

Review ASUS VivoBook 14 (A416): Buat Bekerja dan Belajar di Rumah

Meski kerap dicap sebagai salah satu tahun terburuk, tahun 2020 tetap membawa beberapa sisi positif. Salah satu hal yang paling positif adalah membuktikan bahwa aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan sekolah dapat dilakukan secara mandiri di rumah.

Transisi tersebut mungkin tidak mulus dan penuh hambatan, namun konsep bekerja dan belajar tanpa harus berangkat kerja atau sekolah terbukti dapat dijalankan. Salah satu kendala ada di perangkat. Tidak semua orang memiliki komputer di rumah, sehingga menyulitkan untuk bekerja atau belajar dari rumah.

Solusi paling praktis adalah dengan membeli laptop, karena jauh lebih kompak daripada PC. Selain itu, laptop juga dilengkapi fitur untuk memenuhi kebutuhan bekerja atau belajar dari rumah seperti ketersediaan webcam dan microphone.

Namun sekali lagi, memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan bekerja dan belajar dari rumah juga tidak mudah bagi sebagian orang. Hal ini disebabkan semakin banyaknya laptop yang didesain khusus untuk kebutuhan penggunaan tertentu.

ASUS yang merupakan salah satu pemain utama di pasar laptop global dan Indonesia tampaknya sudah melihat peluang dari masalah ini. Alih-alih rajin menghadirkan laptop yang lebih spesifik, kali ini ASUS memperkenalkan VivoBook 14 (A416), laptop yang didesain untuk memenuhi kebutuhan dasar para pekerja dan pelajar.

VivoBook 14 (A416) memang merupakan laptop entry level atau entry level. Akan tetapi laptop ini tetap terlihat seperti laptop modern dan masih menggunakan hardware terkini. Desain bodinya masih kompak dan mudah dibawa kemana-mana.

Sementara dari sisi hardware, laptop ini mendukung penggunaan PCIe SSD dan didukung oleh prosesor hingga Intel Core Generasi ke-10. Daya tarik lainnya, laptop ini juga memiliki konektivitas yang lengkap dan memenuhi standar konektivitas laptop modern yang dirilis tahun 2020.