Review OASE Watch H12W: Smartwatch Murah Fitur Lengkap, Termasuk SPO2

OASE Watch H12W
OASE Watch H12W

Jam tangan pintar semakin diminati oleh masyarakat perkotaan. Apalagi bagi yang memperhatikan kesehatan, karena banyaknya fitur yang biasanya menunjang kegiatan olahraga. Produsen yang memasarkannya pun bermacam-macam. Mulai dari yang jual orisinal jam tangan, produsen alat olahraga, merk smartphone, bahkan perusahaan aksesoris. Untuk yang terakhir, contohnya adalah OASE Watch H12W.

Mungkin masih banyak yang belum kenal dengan brand OASE. Didirikan pada tahun 2017, Oase merupakan perusahaan distributor tunggal aksesoris OPPO di Indonesia. Mereka menyediakan berbagai macam produk buatan China untuk dipasarkan di Indonesia, seperti: produk kabel data, adapter, headset bluetooth, earphone dan power bank.

Kemudian produk mereka pun berkembang menjadi perangkat IoT untuk memenuhi tren yang ada di pasaran, seperti salah satunya adalah OASE Watch H12W. Alat ini digunakan untuk mengikuti trend gaya hidup yang semakin mengikuti perkembangan zaman telah menjadi budaya baru bagi kaum urban.

Oase menuturkan, jam tangan pintar pertamanya tampil stylish dan trendy disertai fitur-fitur yang tidak kalah bagus di kelasnya. Untuk mengetahui apa saja kemampuannya, yuk simak review OASE Watch H12W berikut ini.

Rancangan

OASE Watch H12WSmartwatch atau perangkat jam tangan pintar memang sedang digandrungi anak muda. Terutama oleh para screenager yang menggunakan lebih dari satu perangkat elektronik untuk melengkapi gaya hidup mereka di dunia yang terhubung. Selain untuk memenuhi gaya hidup, jam tangan pintar juga digunakan untuk kepentingan kesehatan, melalui aplikasi yang memantau kondisi kesehatan penggunanya.

Inilah mengapa OASE Watch H12W diluncurkan sebagai koleksi jam tangan pertamanya. Sebelumnya, Oase telah memasarkan jutaan produk seperti Power Bank, True Wireless Stereo, Bluetooth Earphones, Bluetooth Speaker, Cable Chargers, dan berbagai aksesoris lainnya.

OASE Watch H12W merupakan jam tangan pintar yang siap memenuhi kebutuhan anak muda yang ingin tampil gaya, namun tetap sporty, dengan fitur yang lengkap dan notifikasi kesehatan yang mumpuni.

Pada bodinya, OASE Watch hanya dilengkapi dengan tombol yang berfungsi sebagai tombol kembali. Selain itu, OASE Watch hadir dalam dua pilihan warna hitam dan silver. Jam tangan ini menggunakan bodi dengan material zinc alloy yang kokoh namun terasa ringan saat digerakkan.

Sedangkan strap atau strapnya adalah jenis silikon yang justru terasa nyaman saat menyentuh kulit. Namun hal tersebut membuat noda atau debu mudah menempel dan tampilannya juga kurang menarik. Jika kurang suka, kamu bisa banget ganti strap lain yang lebih menarik baik dari OASE maupun aksesoris strap lain yang beredar di pasaran. Karena ukurannya yang umum, mudah untuk diganti.

Layar

Layar OASE WatchSebagai smartwatch kelas entry, saya tentu tidak berharap banyak dengan kualitas layarnya. Misalnya jika dibandingkan dengan OPPO Watch yang kualitas layarnya sangat bagus menggunakan AMOLED dan Corning Gorilla Glass. Sedangkan pada OASE Watch H12W jenis layarnya tidak disebutkan, namun Anda bisa melihat kerapatan gambar yang rendah dengan resolusi 240×240 berukuran melingkar 1,3.

OASE Watch H12W tidak menggunakan sistem operasi pintar yang populer seperti Google WearOS. Tetapi merupakan sistem operasi berpemilik sehingga fitur yang ditawarkan dibatasi dari yang diberikan pada jam itu. Namun fitur yang ditawarkan cukup lengkap untuk jam tangan entry level. Pengoperasian antarmukanya juga cukup mudah.

Cara mengaktifkan dan mengintegrasikan dengan aplikasi FitCloud Pro

Cara mengaktifkan OASE Watch H12W sama dengan mengaktifkan jam tangan pintar lainnya. Cukup tekan dan tahan tombol di sisi kanan layar, hingga logo OASE muncul. Setelah itu, Anda dapat mengoperasikan berbagai menu langsung dari tampilan jam.

Jika ingin kontrol dan pemantauan fitur lebih lengkap, kita bisa menghubungkannya ke smartphone, baik Android maupun iPhone. Menggunakan konektivitas Bluetooth 4.0, jam tangan pintar ini dapat dihubungkan ke smartphone melalui aplikasi FitCloudPro. Aplikasi ini dapat diunduh di Android 4.4 ke atas dan iPhone iOS 8.0 ke atas.

Aplikasi FitCloudPro berfungsi untuk menampilkan berbagai notifikasi dari menu atau fitur. Juga tampilan monitor yang lebih nyaman karena riwayat aktivitas yang terpantau disana. Fitur dalam aplikasi ini cukup lengkap, seperti data olahraga, jenis olah raga, pengukur detak jantung, pengukur aktivitas tidur, pengukur oksigen darah, tekanan darah, pengatur pemutar musik di ponsel, stopwatch, pesan, pencari ponsel, dan pengaturan.

Fitur OASE Watch H12W Smartwatch

Fitur OASE Watch H12WSeperti yang saya sebutkan secara singkat di atas, OASE Watch H12W tidak menggunakan platform WearOS, melainkan sistem operasinya sendiri. Namun, sebagai jam tangan pintar yang terjangkau, fitur-fitur penting yang dihadirkan untuk mendukung aktivitas kesehatan sudah cukup memadai.

Baca:  OPPO Kuasai Pangsa Pasar Smartphone di Asia Tenggara Q2 2020

Dengan tampilan notifikasi pemantauan kesehatan secara real time, menjadikannya pilihan jam tangan pintar berkelas dengan budget yang terjangkau. Di layar, kita dapat menemukan Watch Face yang menyajikan tampilan jam digital, tanggal, persentase baterai, jumlah langkah, jumlah kalori yang terbakar, dan cuaca.

Jam tangan pintar ini juga bisa mendeteksi aktivitas sepanjang hari. Selain detak jantung, jumlah langkah dan jarak yang ditempuh, jam tangan pintar ini juga dapat mendeteksi kadar oksigen dalam darah, melacak tekanan darah hingga data kualitas tidur, baik tidur nyenyak maupun tidur ringan.

Saat berolahraga, kita dapat mengaktifkan berbagai fitur pemantauan olahraga dengan mengakses mode Olahraga seperti jalan kaki, lari, hiking, bersepeda, bulu tangkis, bola basket, dan elips.

Fitur lainnya adalah forward notifikasi, music control hingga fungsi kendali kamera smartphone dengan memanfaatkan koneksi Bluetooth. OASE Watch juga senantiasa mendukung gaya hidup sehat penggunanya, dengan menghadirkan fitur Fitness Tracking yang cukup variatif dari olahraga yang sedang populer di kalangan anak muda.

Lewat aplikasi juga kita bisa setel jam tangan pintar ini untuk memberi peringatan jika sudah terlalu lama duduk atau sudah waktunya minum. Ada juga fitur untuk mencari jam tangan jika lupa meletakkannya.

Fitur mengukur kadar oksigen darah (spO2)

OASE Watch H12W hadir pada waktu yang tepat. Dimana pada saat pandemi Covid-19 kesadaran untuk hidup sehat semakin meningkat. Tidak hanya berbagai fitur penunjang fitnes, namun yang menurut saya sangat menarik pada smartwatch ini adalah adanya fitur pengukur oksigen dalam darah (spO2).

Pemantauan kadar oksigen dalam darah (SpO2) memungkinkan kita untuk waspada terhadap perubahan dalam tubuh untuk menghindari masalah kesehatan jangka panjang. Terlebih bagi yang melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi, karena mengukur kadar oksigen sangat penting dilakukan.

Apalagi saat terjadi pandemi, fitur pengukur kadar oksigen dalam darah (spO2) menjadi penting karena dapat mengukur saturasi oksigen sehingga Anda tahu apakah paru-paru Anda sehat atau tidak. Tingkat saturasi oksigen normal di dalam darah adalah sekitar 95 hingga 100 persen.

Jika tingkat saturasi oksigen di bawah persentase ini, maka mungkin ada masalah dengan paru-paru Anda. Jadi Anda harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau klinik. Karena bagaimanapun juga, jam tangan seperti ini tidak bisa menjadi rujukan medis, melainkan cukup untuk rujukan kesehatan pribadi. Untuk hasil yang lebih akurat, pengguna tetap disarankan untuk memeriksanya di layanan kesehatan.

Daya tahan

Tak perlu takut smartwatch akan mati atau bobotnya rendah saat melakukan aktivitas olahraga. Pasalnya, daya baterai pada jam tangan pintar ini terbilang cukup lama, yakni mampu bertahan hingga 10 hari penggunaan normal. Ini tentunya merupakan keunggulan lain dari OASE Watch H12W.

Jika jam tangan pintar Wear Band sebagian besar berada di kisaran 2-4 hari. Kemudian tonton saja Realme selama seminggu. Sedangkan smartwatch pertama dari OASE bisa bertahan hingga 10 hari. Mungkin karena spesifikasinya yang rendah termasuk layar yang tidak menampilkan banyak warna, sehingga konsumsi dayanya juga rendah.

Sedangkan pengisian baterainya bisa berjalan cukup cepat mencapai 1 jam 30 menit. Selain itu, jam tangan pintar ini sudah tersertifikasi IP67 sehingga meskipun Anda mandi atau berenang tidak akan cepat rusak.

Kesimpulan

OASE Watch H12W dijual dengan harga resmi di Indonesia 899.000. Berkat fiturnya yang lengkap, harga yang ditawarkan pada jam tangan pintar ini bisa dibilang murah. Apalagi dengan daya tahan baterai yang tergolong lama.

Bisa dibilang, produk ini bisa menjadi pilihan jam tangan pintar dengan kisaran harga kurang dari Rp1 jutaan. Pesaing terdekat dari smartwatch ini adalah Realme Watch yang memiliki tampilan dan fitur yang lebih kaya, harganya Rp 999.000 alias berbeda Rp 100.000 dari OASE Watch.

Spesifikasi dan harga OASE Watch H12W

tipe produk Jam tangan pintar detak jantung
Ukuran Gelang 230mm * 22mm
Ukuran 42 MM * 12 MM
Bobot 40G
Ukuran layar 1.28
Resolusi 240 * 240
Ukuran 40 * 21 * 22
Kapasitas 180MAH
Penutup Kaca
Tubuh Zinc Alloy
Mengikat Silikon
Warna Strap Perak hitam
Detail Deskripsi
Sepeda motor Motor silinder
Bawaan Antena FPC
USB Pengisian kawat magnet
Menyentuh Layar sentuh
Versi Sistem Android V4.4 di atas, iOS v8.4 di atas
Nama aplikasi Fitcloudpro.dll
Peningkatan OTA
tingkat tahan air IP67
Harga Rp 899.000

Cek harga produk OASE di e-commerce

Shopee