S Pen Pro untuk Galaxy S21 Ultra akan Meluncur Akhir Tahun

S Pen Pro untuk Galaxy S21 Ultra akan Meluncur Akhir Tahun

Samsung pada 14 Januari secara resmi mengumumkan smartphone andalan premium terbarunya, seri Galaxy S21. Ada tiga model seri Galaxy S21 yang diperkenalkan oleh Samsung, yaitu Galaxy S21, Galaxy S21 + dan yang lebih menarik lagi adalah Galaxy S21 Ultra.

Tak perlu menunggu lama, Samsung pun langsung membuka penawaran pre-order untuk seri Galaxy S21, termasuk di pasar Indonesia. Galaxy S21 dan Galaxy S21 + ditawarkan mulai dari harga Rp. 12.999.000 dan Rp. 15.999.000. Baik! Buat kamu yang tertarik untuk memiliki Galaxy S21 Ultra, smartphone ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 18.999.000.

Iya! Satu hal yang menarik dari Galaxy S21 Ultra dan berbeda dari kedua saudaranya adalah smartphone ini memiliki dukungan S Pen. Galaxy S21 Ultra dapat dioperasikan seperti seri Galaxy Note. Sayangnya, Samsung tidak menyertakan S Pen di kotak penjualan.

Bagi yang ingin membeli S Pen Galaxy S21 Ultra, konsumen harus merogoh kocek tambahan US $ 40 atau sekitar Rp. 500 ribu. Namun yang perlu Anda ketahui, S Pen tidak memiliki fitur yang sama dengan S Pen dari seri Galaxy Note20.

Samsung di acara Galaxy Unpacked 2021 mengatakan bahwa stylus yang lebih besar akan disebut sebagai S Pen Pro. Seperti yang dijanjikan, S Pen Pro akan hadir dengan lebih banyak fitur dan akan hadir untuk flagship baru akhir tahun ini. Sejauh ini, kita bisa melihat bahwa S Pen Pro jauh lebih besar daripada S Pen untuk Galaxy S21 Ultra.

Bisa dibilang S Pen Pro sebenarnya terlihat seperti Apple Pencil berwarna hitam. Namun, tak sedikit pula yang mengatakan bahwa S Pen Pro hanyalah S Pen dari Galaxy Tab S7 berwarna hitam. Terkait pernyataan banyak orang, Samsung pun membantahnya.

Baca:  Siap Rilis, Galaxy Tab S7 Diklaim Usung Layar 120Hz

Sedangkan S Pen Galaxy S21 Ultra dikatakan berbeda dengan S Pen di Galaxy Note20 karena perangkatnya tidak memiliki Bluetooth dan juga tidak memiliki Air Gesture. Namun, Samsung menegaskan bahwa S Pen Pro akan memiliki kedua fitur tersebut.

Melihat ketika Samsung mengatakan bahwa pengguna dapat menggunakan S Pen yang tersedia dengan perangkat lain di Galaxy S21 Ultra, pasti tidak sedikit pengguna yang akan mengira bahwa fitur Bluetooth dan Air Gesture S pada PencGalaxy Note20 akan hadir di S21 Ultra, kan ? Sepertinya tidak. Pengguna hanya mendapatkan fungsi dasar.

Artinya jika pengguna menginginkan fitur tambahan tersebut, mereka harus membeli S Pen Pro. Samsung mengatakan akan tiba akhir tahun ini tetapi tidak mengungkapkan harganya. Stylus juga tidak akan memiliki custom case seperti S Pen untuk Galaxy S21 Ultra yang ditawarkan sekarang.