Simak 5 Cara Mengatasi Ponsel Android Force Close, Gampang Gak Pake Ribet

mengatasi hp force close

Kitakini.news – Biasanya orang yang sudah selesai memakai satu aplikasi di ponsel atau HP otomatis akan menutup semua aplikasi seperti Google, Gaming, maupun semua aplikasi lainnya. Namun yang menjadi pokok permasalahan ialah pada saat kita memakai aplikasi kita, tanpa diduga akan keluar dengan sendirinya, atau yang disebut Force Close. Tentunya anda pasti kesal sendiri karena aplikasi yang anda mainkan berhenti dengan sendirinya. Lantas bagaimana cara mengatasi HP yang mengalami force close?

Dari artinya, Force Close dalam bahasa Inggris berarti “Paksa Berhenti”. Maksudnya ialah sebuah aplikasi yang sedang kita jalankan secara paksa akan diberhentikan oleh Sistem Android dikarenakan suatu alasan. Force Close sendiri merupakan salah satu penyebab terjadinya android yang sering berhenti dengan sendirinya. Hal itu diakibatkan beberapa masalah seperti berlebihnya memori RAM pada handphone, menumpuknya beberapa file yang bersifat sampah atau cache, maupun aplikasi software lainnya yang bermasalah. Akibatnya, android anda sering gunakan nge-lag atau Performa Smartphone anda menurun. Kita tidak mau android kesayangan kita akan
bertambah parah, bukan ?

Nah, pada pembahasan ini, kita akan mengupas mengenai bagaimana cara mengatasi Force Close atau aplikasi yang berhentinya sendiri pada android dengan mudah. Berikut tipsnya!

1. Hapus File Cache

hp force close
Ilusrasi. (Foto: kompas.com)

Cara yang paling umum biasanya dilakukan namun sederhana pada pengguna android ialah Menghapus beberapa Sampah atau Cache pada beberapa files yang tidak digunakan. Ini berguna agar android anda tidak lemot yang menyebabkan keluar secara tiba-tiba. Kalian bisa membersihkannya secara manual ialah:
– Buka Menu Pengaturan
– Lalu Klik Aplikasi
– Dan Muncul tampilan beberapa aplikasi kemudian pilih mana yang ingin dihapus cache-nya

2. Hapus Data Aplikasi

Selain File Cache yang penuh, file data yang menumpuk juga menyebabkan aplikasi berjalan tidak lancar. Namun kalian juga bisa menghapus beberapa data aplikasinya yang caranya sama seperti menghapus file cache. Tetapi, perlu kita ketahui bahwa menghapus data, maka akan hilang juga data apliaksi tersebut sehingga otomatis aplikasi itu akan menjadi seperti awal. Berikut cara menghapus data aplikasi :
– Buka Menu Pengaturan
– Klik Aplikasi
– Setelah muncul daftar aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus cache-nya
– Pilih Hapus Data

Baca:  Cara Memperbaiki Kartu SD Yang Rusak

Lakukan Pemutakhiraan Aplikasi untuk Mengatasi HP Android Force Close

3. Update Aplikasi

force
Ilustrasi. (Foto: techcrunch.com)

Jika kalian sudah mencoba di dua tahap yang diatas namun tidak berhasil, maka kalian bisa mencobanya dengan memutakhirkan atau meng-update aplikasi yang keluar sendiri. Kalian bisa mengupdate aplikasi tersebut di Google Play Store agar lebih aman.

4. Restart Smartphone Anda


Cara yang paling mudah untuk mengatasi Android anda Force close ialah dengan me-restart smartphone anda. Caranya ialah cukup kalian mengklik tombol restart smartphone anda atau anda mematikannya selama 10 menit kemudian menghidupkannya kembali. Kemudian anda bisa memainkannya seperti semula.

5. Factory Reset

Hp
Ilustrasi. (Foto: digitaltrends.com)

Apabila ke-empat cara tersebut diatas tidak berhasil juga, maka satu-satunya cara agar smartphone anda kembali normal ialah dengan meng-factory reset smartphone anda. Metode ini adalah paling ampuh bila android anda bermasalah namun sangat beresiko karena semua data anda yang berada di android itu akan hilang semua seperti kembali dari awal. Maka sebaiknya anda melakukan back up data terlebih dahulu atau anda dapat memindahkan beberapa data kesayangan anda seperti foto, video, atau musik ke Laptop atau Komputer anda. Lalu anda bisa me-resetnya secara langsung. Caranya cukup mudah, cukup buka Menu Pengaturan, lanjut untuk membuka manajemen umum, lalu Klik Reset. Tunggu hingga semua Aplikasi anda telah direset seperti semula lalu anda bisa menggunakannya kembali.

Nah itu tadi ulasan kita mengenai bagaimana mengatasi android yang mengalami Force Close dengan mudah. Sekiranya agar memudahkan semua pengguna android melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki smartphone anda. Semoga Pembahasan tersebut Bermanfaat buat para pengguna agar mudah mengatasi masalah android tersebut dengan benar.

Selamat Mencoba Semuanya!

Penulis: Qurairah Urbana

The post Simak 5 Cara Mengatasi Ponsel Android Force Close, Gampang Gak Pake Ribet appeared first on Kitakini News.