Spotify HiFi Siap Saingi Tidal dengan Streaming Musik Kualitas Tinggi

DANA Delivery Sediakan Jasa Ekspedisi Pengiriman dari Anteraja
Spotify

Tpuff tadi malam (22/2), salah satu platform streaming musik terpopuler, Spotify baru saja menggelar acara online bertajuk "Stream On". Selama acara berlangsung, beberapa informasi terbaru terkait konten dan fitur yang akan hadir di masa mendatang, salah satunya termasuk Spotify HiFi.

Fitur ini diklaim paling banyak diminta oleh musisi dan pengguna. Spotify HiFi sendiri pada dasarnya adalah layanan untuk meningkatkan kualitas suara mendekati CD, atau dalam istilah "loosless", tanpa kompresi apapun untuk kualitas audio yang maksimal. Cocok untuk audiophile atau pecinta musik yang memang memiliki telinga lancip.

Sebelumnya, Spotify hadir sebagai platform streaming musik yang fokus pada penambahan konten (hingga kini populer dengan konten podcast eksklusifnya), serta kemudahan akses dari berbagai perangkat, dengan berbagai pilihan bitrate atau kualitas musik. Tingkat tertinggi saat ini di "hanya" 320kbps, membuatnya kira-kira setara dengan Apple Music dan YouTube Music.

Baca juga: Spotify Meluncurkan Paket Langganan Mini, Harian & Mingguan Premium

Promosikan Pentingnya Mendengarkan Musik Berkualitas

Untuk menjelaskan pentingnya fitur ini, Spotify menunjuk musisi bersaudara berbakat, Billie Eilish dan Finneas. Melalui video di atas, keduanya menyampaikan betapa pentingnya bisa mendengarkan dengan kualitas audio yang maksimal.

Dengan hadirnya Spotify HiFi, nantinya para pengguna yang memang ingin bisa mendengarkan musik secara detail bisa mendapatkannya dari Spotify. Sebelumnya hanya ada dua platform streaming musik yang menawarkan kualitas musik loosless. Yaitu Amazon Music HD dan Tidal Masters.

Amazon Music HD membebankan biaya pengguna bulanan sekitar USD15 per bulan, sementara Tidal Master, yang dapat mengalirkan audio hingga 96 kHz / 24 bit, bahkan lebih mahal di USD20 (Rp280 ribu). Ya, harganya cukup mahal untuk bisa mendengarkan kualitas audio yang maksimal.

Baca:  OPPO Find X3 Melewati Master Lu Mempertegas Snapdragon 870 Sebagai Dapur Pacunya

Belum ada informasi terkait harga dan ketersediaan Spotify HiFi

Spotify HiFi

Lalu bagaimana dengan Spotify? Dalam peluncuran digitalnya, pihaknya menyatakan bahwa sebenarnya pengujian streaming berkualitas tinggi sudah pernah digelar sebelumnya. Namun melalui event Stream On, fitur Spotify HiFi diumumkan akan tersedia untuk lebih banyak konsumen, hadir di beberapa negara pendukung. Mengenai harga dan daftar negara, Spotify sendiri belum menginformasikannya.

Ini termasuk standar, format, atau kecepatan bit untuk setiap lagu yang diputar melalui Spotify HIFi. Yang pasti, Spotify akan mencoba menyediakan fitur ini untuk lebih banyak orang. Ini juga akan memberikan kemampuan streaming audio berkualitas tinggi ke speaker yang telah disertifikasi oleh program Spotify Connect.

Yang jelas, untuk menikmati Spotify HiFi tentunya konsumen harus menyiapkan kocek ekstra karena biaya bulanan akan lebih mahal. Selain audio itu sendiri, perangkat yang digunakan seperti smartphone dan earphone juga harus mendukung standar audio tingkat tinggi atau Hi-Res Audio. Jika tidak, tentunya akan lebih baik menggunakan yang versi Premium.

Pada kesempatan yang sama, Spotify juga mengumumkan beberapa kolaborasi eksklusif dengan beberapa pihak ketiga seperti DC Comics, perusahaan produksi film Avengers: Endgame, untuk mengisi konten khusus seperti podcast. Serta mengumumkan pasar baru di beberapa kawasan, membuatnya tersedia di 173 negara saat ini.